1.IndonesiaX

Indonesiax sendiri menyediakan kursus-kursus berkualitas dengan sistem MOOC (Massive Open Online Course).

 IndonesiaX juga menggandeng institusi dan instansi terkemuka, termasuk Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Terbuka, Institut Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia, NET TV, dan lain-lain.

Walaupun kursus di IndonesiaX ini gratis, namun kita perlu membayar biaya administrasi untuk mendapatkan sertifikat. Kamu dapat mengaksesnya disini

2.Bitdegree

Kursus online BitDegree dengan sertifikat kelulusan telah mengambil perhatian berbagai media karena inovasinya dan dapat diandalkan.
Sertifikat gratis untuk kursus-kursus berbayar

Kalau kamu lihat beberapa kursus berbayar dengan sertifikat kelulusan, ada jalan pintas: beasiswa mikro. BitDegree membuat sebuah program dimana para pelajar dapat memohon untuk mendapatkan beasiswa mikro dari berbagai sponsor untuk satu kursus spesifik. Kamu akan mendapatkan kursusnya, sertifikatnya DAN beasiswanya.

Ada juga program kursus gratis yang bisa kamu nikmati dengan sertifikatnya.

3.edX


edX merupakan situs hasil kerja sama dua universitas, yaitu Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 2012.

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

edX dikelola oleh universitas dengan skema non-profit dan open source. Jadi, siapapun dapat membuat dan mengadopsi situs kursus online-nya masing-masing.

Ada lebih dari seribu materi pelajaran yang dapat diakses secara gratis, mulai dari TOEFL Preparation, seni, budaya, hingga arsitektur.

Sejak akhir tahun 2015, edX menyediakan sertifikat setelah kamu berhasil menyelesaikan materi dan membayar biaya yang ditentukan. Kamu bisa mengakses edX disini

4.Alison

Alison didirikan pada tahun 2007 oleh Mike Feerick dan kini sudah memiliki lebih dari 7 juta pengguna serta pengajar dari beragam institusi, termasuk Microsoft, Google, dan berbagai universitas terkemuka lainnya.

Melalui Alison, kamu bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam bahasa Inggris.

Ada dua tipe materi di Alison, yaitu Diploma Courses dan Certificate. Materi Diploma membahas materi dengan lebih mendalam, sementara materi Certificate hanya tersedia dalam bentuk cetak. Alison dapat diakses disini

5.SquLine

SquLine merupakan situs kursus online untuk belajar bahasa asing. Melalui layanan yang ditawarkan, kamu dapat belajar bahasa Inggris atau Mandarin dari mana saja. Kamu tidak perlu lagi datang ke tempat kursus untuk belajar bahasa asing. Kursus online ini dapat diakses disini.

6.Coursera

Coursera menyediakan banyak kursus gratis dengan beragam topik, mulai dari kursus akademik, seni rupa, sampai kursus tentang meditasi dan kebahagiaan.

Namun, untuk mendapatkan sertifikat resmi, kamu masih harus melakukan pembayaran yang dipersyaratkan. Silakan kunjungi Coursera disini